Monday, May 19, 2014

[MotoGP Le Mans 2014] Dani Pedrosa: Balapan Seperti di Tengah Hujan Itu Tak Menyenangkan




Start dari posisi 9, Dani Pedrosa mengalami kesulitan untuk memperbaiki  posisi di lap-lap awal MotoGP Perancis di Sirkuit Le Mans. Masalah grip cukup membuat Dani frustasi dan butuh 7 lap untuk memperbaiki posisi 9 yang bertahan sejak awal start. Di lap pertengahan, Dani masih ada di posisi 7 sebelum akhirnya menemukan kecepatan dan berhasil menyalip Stefan Bradl dan Jorge Lorenzo untuk posisi 5. Dani melintasi garis finish hanya 0,3 detik di belakang Pol Espargaro dan 1 detik dari Alvaro Bautista yang menempati podium terakhir. Sementara podium teratas lagi-lagi dikuasai Marc Marquez, dan Valentino Rossi menempati podium kedua.

Berikut hasil lengkap MotoGP Le Mans 2014:
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 44m 3.925s
2. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 44m 5.411s
3. Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) 44m 7.069s
4. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)* 44m 7.642s
5. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 44m 8.002s
6. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 44m 11.013s
7. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 44m 15.452s
8. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici) 44m 26.028s
9. Aleix Espargaro ESP NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 44m 26.551s
10. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 44m 27.033s
11. Cal Crutchlow GBR Ducati Team (Desmosedici) 44m 29.705s
12. Scott Redding GBR Go&Fun Honda Gresini (RCV1000R)* 44m 43.448s
13. Yonny Hernandez COL Pramac Racing (Desmosedici) 44m 46.469s
14. Hiroshi Aoyama JPN Drive M7 Aspar (RCV1000R) 44m 46.661s
15. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (RCV1000R) 45m 0.569s
16. Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (PBM-ART) 45m 18.048s
17. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 45m 23.648s
18. Broc Parkes AUS Paul Bird Motorsport (PBM-ART)* 45m 34.859s
19. Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Avintia)* 45m 38.446s
Andrea Iannone ITA Pramac Racing (Desmosedici) DNF
Hector Barbera ESP Avintia Racing (Avintia) DNF
Nicky Hayden USA Drive M7 Aspar (RCV1000R) DNF

Masalah grip yang dialami Dani di awal balapan tampak dari catatan waktu terbaiknya yang hanya 0,120 lebih lambat dari Marquez yang dicatatkan di lap 20 dari 28. Sementara pembalap lain mencatatkan waktu terbaiknya di antara 10 lap pembuka di balapan. Dani berkomentar balapan kali ini tidak menyenangkan, ia tak tau mengapa, tapi selalu ada banyak masalah dengan grip ban depan dan belakang di tiga balapan terakhir.


Saat pembalap lain mulai agresif dalam balapan, Dani sama sekali tak punya grip dan harus membalap sangat lambat. Setiap kali Dani berusaha memperbaiki dan menekan, ban depan malah “menutup”. Dani hanya bisa bertahan di belakang dan menunggu untuk mendapatkan grip, di akhir balapan Dani menunjukkan perbaikan tapi tak banyak. Dani berhasil menyalip Bradl dan Lorenzo, tapi tak mampu memaksa motornya untuk menyalip Pol Espargaro dan Bautista untuk posisi podium terakhir.


Dani yang tampak sangat kesakitan dan kelelahan setelah balapan tidak menyebutkan bahwa rasa sakit pasca operasi arm pump yang menghalanginya dalam balapan kali ini. Menurut Dani, kurang grip lah yang menyebabkan kelelahan yang sangat, dengan motor yang tanpa grip, ia harus mengeluarkan banyak energi dan membuang banyak energi. Dani juga merasa tidak menyenangkan menjalani balapan tapi tak mampu menekan 100%, kau tau kau bisa lebih cepat tapi tak bisa melakukannya, balapan seperti di tengah hujan itu tak menyenangkan.

Dani Pedrosa tetap di posisi 2 world championship, namun sekarang hanya 2 poin di atas Valentino Rossi.


Dani Pedrosa - 5th
Championship Standing: 2nd - 83 points
“Ini adalah balapan yang sangat sulit untuk dikendalikan, karena aku tidak menjalani start yang buruk, tapi ada Iannone dan Smith yang datang sangat kuat di tikungan pembuka, mereka membagi grup dan bahkan mendesak pembalap keluar lintasan. Namun, itu bukan masalah utama, aku bermasalah dengan ban depan yang mencegahku memperbaiki posisi. Setiap kali aku mencoba lebih agresif, aku mengalami kekurangan grip dan butuh beberapa lap untuk melangkah maju. Ini memalukan, karena aku tak menemukan pengaturan yang membuatku berkendara dengan nyaman dan kami tidak punya balapan yang bagus. Kupikir aku bisa jauh lebih cepat dari apa yang kita lihat hari ini.”

Balapan selanjutnya akan digelar tanggal 30 Mei – 1 Juni 2014 di Sirkuit Mugello, Italia.


Sumber: @crash_net, @HRC_MotoGP

No comments:

Post a Comment