Hujan yang
turun setengah jam sebelum balapan MotoGP Sachsenring dimulai membuat awal balapan
berlangsung lain dari biasanya. Saat pembalap menuju grid dengan ban basah,
lintasan masih cukup basah. Namun saat 15 menit pembalap menunggu di grid,
lintasan mengering dengan cepat dan saat warm up lap, 14 pembalap (termasuk
Dani Pedrosa) memutuskan untuk mengganti motor dengan ban slick dan harus start
dari pitlane.
Pemandangan yang
aneh, karena di barisan depan starting grid hanya ada Stefan Bradl yang sudah
menggunakan ban slick, dan beberapa pembalap di barisan belakang. Sementara pembalap
lain menunggu di ujung pitlane yang sempit tanpa memperdulikan posisi grid
seharusnya hasil kualifikasi. Dani yang seharusnya start dari posisi 2, berada
di barisan kedua rombongan pembalap yang start dari pitlane.
Saat start,
Stefan Bradl melaju nyaris tanpa lawan. Sementara Dani berhasil start cukup
baik dan ada di posisi 11 di akhir lap 1. Dani melaju dengan ritme bagus dengan
mencatatkan fastest lap beberapa kali
dan dengan mudah menyalip beberapa pembalap di depannya. Di lap 5, Dani dan
rekan setimnya, Marc Marquez sudah berhasil mendekati Bradl dan berada persis
di belakangnya. Marquez berhasil menyalip Bradl di lap 6, sementara Dani melewati
Bradl di lap 7 dan naik ke posisi 2, persis di belakang Marquez.
Dani menempel
ketat Marquez selama hampir sepanjang balapan, namun tak cukup dekat untuk
menyalip Marquez dan mengakhiri balapan di posisi 2, 1.466 detik di belakang Marquez.
MotoGP Sachsenring pun berakhir dengan posisi podium menjadi milik Marquez –
Pedrosa – Lorenzo.
Berikut hasil lengkap MotoGP Sachsenring:
1. Marc Marquez ESP
Repsol Honda Team (RC213V) 41m 47.664s
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 41m 49.130s
3. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 41m 57.981s
4. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 42m 6.858s
5. Andrea Iannone ITA Pramac Racing (Desmosedici) 42m 11.173s
6. Aleix Espargaro ESP NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 42m 15.473s
7. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)* 42m 20.917s
8. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici) 42m 21.532s
9. Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) 42m 21.895s
10. Cal Crutchlow GBR Ducati Team (Desmosedici) 42m 22.340s
11. Scott Redding GBR Go&Fun Honda Gresini (RCV1000R)* 42m 25.408s
12. Hiroshi Aoyama JPN Drive M7 Aspar (RCV1000R) 42m 32.682s
13. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (RCV1000R) 42m 32.841s
14. Nicky Hayden USA Drive M7 Aspar (RCV1000R) 42m 34.340s
15. Danilo Petrucci ITA IodaRacing Project (ART) 42m 40.433s
16. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 42m 41.553s
17. Yonny Hernandez COL Pramac Racing (Desmosedici) 42m 42.140s
18. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Avintia) 42m 43.879s
19. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 42m 43.957s
20. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 42m 51.747s
21. Broc Parkes AUS Paul Bird Motorsport (PBM-ART)* 42m 58.592s
22. Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Avintia)* 43m 7.639s
Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (PBM-ART) DNF
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 41m 49.130s
3. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 41m 57.981s
4. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 42m 6.858s
5. Andrea Iannone ITA Pramac Racing (Desmosedici) 42m 11.173s
6. Aleix Espargaro ESP NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 42m 15.473s
7. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)* 42m 20.917s
8. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici) 42m 21.532s
9. Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) 42m 21.895s
10. Cal Crutchlow GBR Ducati Team (Desmosedici) 42m 22.340s
11. Scott Redding GBR Go&Fun Honda Gresini (RCV1000R)* 42m 25.408s
12. Hiroshi Aoyama JPN Drive M7 Aspar (RCV1000R) 42m 32.682s
13. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (RCV1000R) 42m 32.841s
14. Nicky Hayden USA Drive M7 Aspar (RCV1000R) 42m 34.340s
15. Danilo Petrucci ITA IodaRacing Project (ART) 42m 40.433s
16. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 42m 41.553s
17. Yonny Hernandez COL Pramac Racing (Desmosedici) 42m 42.140s
18. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Avintia) 42m 43.879s
19. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 42m 43.957s
20. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 42m 51.747s
21. Broc Parkes AUS Paul Bird Motorsport (PBM-ART)* 42m 58.592s
22. Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Avintia)* 43m 7.639s
Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (PBM-ART) DNF
Menurut Dani, balapan sedikit
riskan di awal, mengambil keputusan di grid tak mudah karena tak cukup waktu
untuk mengganti motor. Namun pada akhirnya kebanyakan pembalap mengambil
keputusan yang sama dengan masuk pit untuk berganti motor dengan setelan
kering. Dani senang dengan kecepatannya yang konstan dan cepat di setiap lap. Namun
saat Marquez menyalip Bradl, Dani yang tak langsung mengikuti langkah Marquez
kehilangan waktu hampir 0,5 detik dari Marquez. Dani mengakui Marc lebih cepat,
namun secara keseluruhan balapan berlangsung baik mengingat Dani yang terjatuh
2 kali akhir minggu ini. Beruntung timnya bekerja bagus dalam memperbaiki
motornya dan siap untuk awal balapan yang sedikit tak terduga.
Finish kedua di Sachsenring
membuat Dani naik ke posisi 2 klasemen dengan 148 poin, 7 poin di atas
Valentino Rossi. Hari Selasa Dani akan menjalani tes di Brno selama 3 hari, dan
beristirahat setelahnya karena MotoGP akan memasuki summer break. Balapan selanjutnya akan berlangsung di Indianapolis,
10 Agustus.
Dani Pedrosa - 2nd
Championship Standing: 2nd -
148 points
“Start balapan hari ini sedikit seperti Assen. Hujan turun sebelum
balapan berarti setengah lintasan basah, dan saat kami melakukan pengaturan di
grid dan melakukan warm up lap
lintasan sudah mengering, hanya ada satu tikungan yang sangat basah. Kami harus
mengganti motor dengan ban slick dan sebagian besar pembalap start dari
pitlane. Kami tak bisa berjuang untuk menang tapi kami sangat dekat, Marc juga
sangat cepat hari ini. Sekarang kami akan test di Brno dan akan mencoba
menemukan beberapa persepuluh detik di suatu tempat, jadi kami dapat melaju
lebih cepat dan lebih kuat di Indy.”
No comments:
Post a Comment