Sunday, November 11, 2012

Start dari Pitlane, Dani Pedrosa Juara MotoGP Valencia 2012

MotoGP Valencia 2012 digelar di bawah cuaca yang berubah-ubah. Race Moto3 dan Moto2 berlangsung dalam Wet Race (race basah) sedangkan kelas MotoGP berlangsung kering, namun tak sepenuhnya kering dari awal.
Dani Pedrosa yang seharusnya start dari pole position harus rela start dari pitlane karena mengganti motor dengan ban kering sesaat sebelum race dimulai. Setelah 1 lap berlangsung, beberapa pembalap lain mulai masuk pit untuk mengganti motor dengan ban kering. Dani Pedrosa yang start dari pitlane sudah berada di posisi 2 di belakang Lorenzo.
Jorge Lorenzo crashed dan Dani Pedrosa pun memimpin race. Dani Pedrosa memperlebar gap dari posisi 2 dan juga mengover-lap beberapa pembalap hingga pembalap ke-7. Akhirnya Dani Pedrosa memenangkan Race MotoGP Valencia 2012 dengan gap +37 detik di depan Nakasuga dan Stoner.
Dengan hasil ini, Dani Pedrosa menambah koleksi kemenangan di Valencia menjadi 6 kali. Dan menjadi pemenang terbanyak musim 2012 ini dengan 7 kemenangan.

Pedrosa: "Setelah balapnya Márquez, aku pikir aku harus melakukan sesuatu yang sama! Tapi serius, aku benar-benar senang dengan kemenangan ini, sangat sulit di awal untuk membuat keputusan mengganti ban.
Aku melihat Jorge mengunakan ban kering di grid dan aku cukup yakin dengan keputusanku (ban basah), tapi saat berdiri di sana, trek mengering sangat cepat dan sebelum start aku tidak tahu apakah akan lebih baik untuk melupakan posisi pole dan start dari pit, atau tetap dengan ban basah dan berhenti setelah 4 atau 5 lap untuk mengganti ban.
Di detik terakhir sebelum start, naluriku mengatakan bahwa aku harus segera masuk ke pit (mengganti ban). Aku start dari pit-lane dan aku berusaha cepat dari awal, aku mendekati Jorge dan kemudian aku membuat kesalahan dan kehilangan tiga detik lagi, tapi satu lap kemudian dia juga membuat kesalahan dan tersingkir.
Dari titik ini race lain dimulai untukku. Sulit untuk menjaga konsentrasi dengan kondisi tersebut dan juga keuntungan besar, jadi aku mengibaratkan paruh kedua balapan seperti sesi latihan, melewati tikungan, trek lurus, lap demi lap. Ini adalah akhir yang bagus di musim ini dan aku ingin berterima kasih kepada semua tim Repsol Honda!"

Berikut hasil lengkap MotoGP Valencia 2012 :
  1. Dani Pedrosa, 48'23.819
  2. Katsuyuki Nakasuga, +37.661
  3. Casey Stoner, + 1'00.633
  4. Alvaro Bautista, +1'02.811
  5. Michelle Pirro, +1'26.608
  6. Andrea Dovizioso, +1'30.423
  7. Karel Abraham, +1'31.789
  8. Danilo Petrucci, 1 Lap
  9. James Ellison, 1 Lap
  10. Valentino Rossi, 1 Lap
  11. Aleix Espargaro, 1 Lap
  12. Randy De Puniet, 2 Laps
  13. Hiroshi Aoyama, 2 Laps
  14. Colon Edwards, 2 Laps.
Tidak finish:
  1. Cal Crutchlow
  2. Caludio Corti
  3. Hector Barbera
  4. Jorge Lorenzo
  5. Stefan Bradl
  6. Roberto Rolfo
  7. Ivan Silva
  8. Nicky Hayden
sumber: motogp.com

No comments:

Post a Comment