Balapan perdana MotoGP di
sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina dinihari tadi berlangsung seru dan
menegangkan. Di lap-lap awal, persaingan sangat ketat, bahkan beberapa pembalap
bisa bersamaan memasuki tikungan yang sama. Start dari posisi 3, Dani berhasil
menyodok ke posisi 2 di belakang Lorenzo, dan sempat memimpin balapan selama beberapa
saat. Namun tak lama, karena di lap 3, Dani malah merosot ke posisi 7.
Setelah menemukan ritmenya,
perlahan Dani mulai menyalip Dovizioso, Rossi, Bradl dan Inanone sampai
akhirnya naik di posisi 3 di lap 9, berjarak 3 detik dari Marquez yang ada di
posisi 2. Melihat Dani yang sedikit demi sedikit mulai mendekat, Marquez mulai
menyerang Lorenzo dan berhasil menyalip Lorenzo di lap 17. Merasa lebih nyaman
dengan motornya di akhir balapan, Dani mampu melaju lebih kencang dan
mencatatkan fastest lap of the race di
lap 22 dengan 1’39.233. Dan satu lap menjelang finish, Dani berhasil menyalip
Lorenzo dan mengamankan posisi kedua. Tim Repsol Honda pun mengulangi
kesuksesan di Austin dengan menempatkan pembalapnya di posisi 1-2 untuk kedua
kalinya musim ini.
Berikut ini hasil lengkap MotoGP
Argentina 2014:
1. Marc Marquez ESP
Repsol Honda Team (RC213V) 41m 39.821s
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 41m 41.658s
3. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 41m 43.022s
4. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 41m 44.719s
5. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 41m 54.850s
6. Andrea Iannone ITA Pramac Racing (Desmosedici) 41m 59.268s
7. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 42m 4.013s
8. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)* 42m 8.939s
9. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici) 42m 13.494s
10. Hiroshi Aoyama JPN Drive M7 Aspar (RCV1000R) 42m 23.100s
11. Nicky Hayden USA Drive M7 Aspar (RCV1000R) 42m 23.173s
12. Yonny Hernandez COL Pramac Racing (Desmosedici) 42m 24.640s
13. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (RCV1000R) 42m 24.999s
14. Scott Redding GBR Go&Fun Honda Gresini (RCV1000R)* 42m 28.477s
15. Aleix Espargaro ESP NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 42m 32.071s
16. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Avintia) 42m 33.326s
17. Michele Pirro ITA Ducati Team (Desmosedici) 42m 33.490s
18. Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (PBM-ART) 42m 36.391s
19. Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Avintia)* 42m 42.961s
20. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 42m 45.581s
21. Broc Parkes AUS Paul Bird Motorsport (PBM-ART)* 42m 56.543s
Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) DNF
Danilo Petrucci ITA IodaRacing Project (ART) DNF
2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 41m 41.658s
3. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 41m 43.022s
4. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 41m 44.719s
5. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 41m 54.850s
6. Andrea Iannone ITA Pramac Racing (Desmosedici) 41m 59.268s
7. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 42m 4.013s
8. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)* 42m 8.939s
9. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici) 42m 13.494s
10. Hiroshi Aoyama JPN Drive M7 Aspar (RCV1000R) 42m 23.100s
11. Nicky Hayden USA Drive M7 Aspar (RCV1000R) 42m 23.173s
12. Yonny Hernandez COL Pramac Racing (Desmosedici) 42m 24.640s
13. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (RCV1000R) 42m 24.999s
14. Scott Redding GBR Go&Fun Honda Gresini (RCV1000R)* 42m 28.477s
15. Aleix Espargaro ESP NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 42m 32.071s
16. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Avintia) 42m 33.326s
17. Michele Pirro ITA Ducati Team (Desmosedici) 42m 33.490s
18. Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (PBM-ART) 42m 36.391s
19. Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Avintia)* 42m 42.961s
20. Colin Edwards USA NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 42m 45.581s
21. Broc Parkes AUS Paul Bird Motorsport (PBM-ART)* 42m 56.543s
Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) DNF
Danilo Petrucci ITA IodaRacing Project (ART) DNF
Dani merasa tidak beruntung
karena tidak begitu cepat di awal balapan, dan setelah semua kekacauan di lap
1, Dani tertahan di belakang beberapa pembalap dan tak bisa menyalip lebih
awal. Bahkan saat Dani sudah ada di posisi 3, butuh beberapa lap bagi Dani
untuk mendapatkan ritme, dan menjadi lebih kuat di akhir balapan. Dani merasa
dengan kecepatannya ada kesempatan untuk menang, tapi ia menganggapnya tetap
positif dan mengambil pelajaran dari balapan kali ini. Untuk balapan-balapan
selanjutnya, Dani berharap bisa melakukan segalanya dengan sempurna dari awal
hingga akhir balapan.
Podium kedua di MotoGP Argentina
membuat Dani finish di podium di 7 balapan MotoGP terakhir (rentetan podium finish
terpanjang sejak 2012). Dan sekarang Dani sudah melewati Alex Barros dan naik
ke posisi 3 di all time point scorers kelas
premier (1. Rossi – 3884, 2. Doohan – 2298, 3. Dani Pedrosa – 2092, 4. Barros –
2079).
Posisi klasemen setelah MotoGP
Argentina yaitu Marc Marquez (75 poin), Dani Pedrosa (56 poin), Valentino Rossi
(41 poin). Balapan musim ini masih sangat panjang, semoga Dani perlahan-lahan
bisa memangkas jarak poinnya dengan Marquez yang ada di puncak klasemen.
Dani Pedrosa - 2nd -
Championship Standing 2nd - 56 points
“Aku menikmati balapannya, tapi setelah kehilangan waktu saat start, itu mempengaruhiku dan aku menemukan diriku sendirian lagi. Di bagian akhir balapan, aku punya kecepatan yang bagus dan bisa memperbaiki posisi, tapi itu tidak berarti banyak. Aku mendapat tempat kedua, tapi dengan kecepatan yang kami punya, kami seharusnya bisa terus menekan untuk menang. Kau selalu harus belajar dan mungkin aku menghemat ban terlalu banyak saat aku berada di grup. Untungnya kami menemukan pengaturan bagus yang membuat kami lebih kompetitif, dan itu positif.”
“Aku menikmati balapannya, tapi setelah kehilangan waktu saat start, itu mempengaruhiku dan aku menemukan diriku sendirian lagi. Di bagian akhir balapan, aku punya kecepatan yang bagus dan bisa memperbaiki posisi, tapi itu tidak berarti banyak. Aku mendapat tempat kedua, tapi dengan kecepatan yang kami punya, kami seharusnya bisa terus menekan untuk menang. Kau selalu harus belajar dan mungkin aku menghemat ban terlalu banyak saat aku berada di grup. Untungnya kami menemukan pengaturan bagus yang membuat kami lebih kompetitif, dan itu positif.”
Balapan selanjutnya akan digelar
di Circuito de Jerez, Spanyol tanggal 2-4 Mei 2014. Semoga saja Dani kembali
menang di sirkuit favoritnya tahun ini. Fightiiiing, our baby samurai!
No comments:
Post a Comment