Monday, September 29, 2014

[MotoGP Aragon 2014] Dani Pedrosa: Kami Harus Mengambil Hal Positif Balapan Ini




Hujan yang turun di Aragon membuat hasil balapan kelas utama MotoGP tak seperti biasanya. Dani Pedrosa yang start dari posisi 2 sempat turun ke posisi 4 di lap pertama, dan naik ke posisi 3 setelah Andrea Iannone terjatuh. Dari tempat ketiga Dani berusaha menempel ketat Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang ada di depan. Di lap 12, white flag mulai dikibarkan marshal yang artinya pembalap boleh berganti motor jika diperlukan. Di lap 16, Dani berhasil menyalip Lorenzo untuk berduel dengan Marquez. Dani sempat mengambil alih posisi terdepan saat pembalap-pembalap lain mulai masuk pit untuk berganti motor dengan setting dan ban basah.


Tiga pembalap terdepan bertahan dan tak segera masuk pit untuk berganti motor. Tapi di 4 lap tersisa, Dani yang tak memutuskan untuk masuk pit terjatuh di tikungan pertama. Dani berhasil melanjutkan balapan, tapi dengan 2 lap tersisa tak banyak yang bisa dilakukan dan Dani mengakhiri balapan di posisi 14. Jorge Lorenzo yang masuk pit di waktu yang tepat berhasil meraih kemenangan perdananya musim ini.

Berikut hasil lengkap MotoGP Aragon:
1. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 44m 20.406s
2. Aleix Espargaro ESP NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 44m 30.701s
3. Cal Crutchlow GBR Ducati Team (Desmosedici) 44m 30.718s
4. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 44m 32.124s
5. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 44m 49.889s
6. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)* 44m 50.092s
7. Alvaro Bautista ESP Go&Fun Honda Gresini (RC213V) 44m 50.169s
8. Hiroshi Aoyama JPN Drive M7 Aspar (RCV1000R) 44m 58.247s
9. Nicky Hayden USA Drive M7 Aspar (RCV1000R) 45m 3.363s
10. Scott Redding GBR Go&Fun Honda Gresini (RCV1000R)* 45m 14.343s
11. Danilo Petrucci ITA IodaRacing Project (ART) 45m 20.230s
12. Alex De Angelis RSM NGM Forward Racing (Forward Yamaha) 45m 21.124s
13. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 45m 35.633s
14. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 45m 44.932s
15. Yonny Hernandez COL Pramac Racing (Desmosedici) 45m 58.661s
16. Michael Laverty GBR Paul Bird Motorsport (PBM-ART) +1 lap
17. Mike Di Meglio FRA Avintia Racing (Avintia)* +1 lap
18. Broc Parkes AUS Paul Bird Motorsport (PBM-ART)* +1 lap
19. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici) +1 lap
Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici) DNF
Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) DNF
Andrea Iannone ITA Pramac Racing (Desmosedici) DNF
Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (RCV1000R) DNF

Dani Pedrosa mengakui ia membuat kesalahan besar di lintasan basah Aragon hanya dengan beberapa lap tersisa. Dani sedang melaju di tempat kedua saat akhirnya terjatuh di tikungan pertama, dengan Marc Marquez yang juga terjatuh di lap berikutnya karena hujan yang terus turun di Aragon.

Saat ditanya apa itu kesalahan dengan tidak masuk pit, Dani mengiyakan, namun ia bahkan tak tau alasannya. Menurut Dani, pembalap di lintasan yang tau situasinya, tapi sangat sulit untuk mengambil keputusan pada momen seperti itu. Dengan 4 lap tersisa dan catatan waktunya kurang lebih sama dengan ban basah, Dani berpikir soal kehilangan waktu jika ia masuk pit. Dani memutuskan tak masuk pit, dan terjatuh. Dani tau itu sebuah kesalahan, tapi Dani bertahan karena mereka sudah melakukan 7 atau 8 lap dengan kondisi seperti itu.

Dani mengambil hal positifdari balapan ini, ia baik-baik saja setelah terjatuh dan bisa melanjutkan balapan. Saat jatuh Dani mengira motornya rusak parah, namun marshal berkata mesinnya masih hidup, jadi Dani menaiki kembali motornya dan bisa melakukan 1 lap lagi dengan motor itu untuk kemudian masuk pit dan berganti motor. Dani sedikit kecewa tak bisa meraih hasil bagus, tapi pengalaman ini berguna untuk belajar dan menuju balapan selanjutnya dengan lebih kuat.

Dengan tambahan 2 poin, Dani tetap ada di posisi 2 klasemen, hanya 3 poin di atas Valentino Rossi.


Dani Pedrosa - 14th
Championship Standing: 2nd - 217 points
“Ini adalah balapan yang sulit di kondisi ekstrim, tapi kami mampu berkendara dengan bagus di bagian pertama dan kami dalam pertarungan untuk menang. Aku membuat keputusan yang salah tentang kapan harus masuk untuk mengganti motor dan tidak melakukannya di lap yang seharusnya. Banku tak bisa menahannya lagi dan aku terjatuh. Untungnya aku bisa kembali dan mendapat 2 poin dari balapan ini. Sedikit mengecewakan karena sudah sejauh ini dan tak mendapat hasil bagus, tapi pengalaman ini berguna untuk belajar dan menuju balapan selanjutnya dengan lebih kuat.”

Balapan selanjutnya akan digelar tanggal 12 Oktober 2014 dengan tiga balapan berurutan, Jepang, Australia, dan Malaysia.


Source: @HRC_MotoGP, @CRASH_NET

No comments:

Post a Comment